Pages

Kamis, 23 Januari 2014

Sekolahku Sekolah Hebat





SMK BISA!!!!! semboyan sekolah-sekolah kejuruan di seluruh Indonesia, tak terkecuali sekolahku juga, SMK Negeri 2 Pacitan. Kurang lebih sudah tiga tahun aku belajar di sana di mana ada banyak hal yang aku pelajari selama aku duduk di bangku-bangkunya.

Dengan program keahlian Bisnis Manajemen dan dikepalai oleh Drs. Sukarni, MM sekarang kami mempunyai enam jurusan. Diantaranya Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Pemasaran, Akomodasi Perhotelan, Agribisnis Perikanan, dan yang terbaru ada Keperawatan.

Di sekolah ini kami tidak hanya dididik untuk memiliki prestasi yang gemilang namun juga dididik untuk menjadi insan-insan dengan kepribadian mulia. Kami yang nantinya akan menjadi lulusan SMK Negeri 2 Pacitan diharapkan dapat menjadi tenaga-tenaga kerja luhur dan wirausahawan jujur.

Di Smk 2 kami dididik oleh guru-guru profesional yang bekerja keras demi suksesnya pendidikan kami. Mereka adalah pahlawan-pahlawan tanpa tanda jasa yang tidak pernah lelah memberikan nasehat pada kami.

Lalu bagaimana sejarah SMK 2 itu sendiri?

Sejarah panjang SMK Negeri 2 Pacitan bermula pada tahun 1958. Berdasarkan surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun itu, disebutkan tentang Pendirian Sekolah Guru 6 tahun (S.G.A) Negeri. Surat tertanda tanggal 5 Agustus 1959 itu mulai berlaku efektif pada 1 September 1959. Pada masa awal pendiriannya cikal bakal SMK Negeri 2 Pacitan ini masih berlokasi di Jalan Veteran No. 5 Pacitan.
Pada tanggal 2 Januari 1976, berdasarkan surat keputusan, pemerintah memutuskan untuk membuka kelas paralel (double shift) pada SPG di Jawa Timur.
Perpindahan lokasi sekolah yang saat itu masih bernama SPG dan masih berlokasi di Jalan Veteran nomor 5 mulai dilakukan dengan adanay surat penetapan pembangunan gedung baru yang berlokasi di Kelurahan Sidoharjo, yang sekarang beralamatkan di Jalan Walanda Maramis no 2. Perkembangan selanjutnya adalah diterimanya bukti kepemilikan atas lahan yang digunakan sebagai lokasi sekolah sebagai hak milik pada 2 Januari 1988.
Roda perubahan yang terjadi dengan alasan pemberian kesempatan untuk proses pembelajaran yang lebih luas, akhirnya SPG beralih fungsi menjadi SMEA (Sekolah Menengah Ekonomi Atas) Negeri Pacitan. Proses perubahah status ini tertuang dalam surat keputusan tertanggal 1 Juli 1991.
Dalam perkembangannya yang semula SMEA hanya memiliki 3 jurusan dibidang Manajemen yaitu Akuntansi, Sekretaris dan Penjualan, pada tahun ajaran 2002/2003 membuka jurusan baru yaitu Budidaya Ikan Air Tawar.
Sistem pendidikan yang semakin maju menuntut setiap pelaku dibidan pendidikan untuk melakukan pembenahan, SMK Negeri 2 Pacitan sendiri melakukan perubahan signifikan dengan membuat sistem yang berlaku secara internasional untuk diterapkan di SMK Negeri 2 Pacitan, proses perubahan ini ditandai dengan diterimanya sertifikat penjamin mutu, ISO 9001:2000 dari PT TUV Jerman yang diterima pada tanggal 14 Mei 2008.
Selain perkembangan sarana penunjang pendidikan, area sekolah juga mengalami peningkatan yang terjadi pada tanggal 31 Oktober 2008 dengan terjadinya transaksi pembelian lahan disebelah selatan area sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar